Sudah lama ga nulis tentang astronomi, baiklah saya mau tanya-tanya, Seberapa besarkah bumi ini? klik pada gambar bila terlalu kecil

gambar di bawah adalah perbandingan antara bumi, venus, mars dan planet “kecil” lainya size1

gambar selanjutnya adalah pebandingan bumi di antara teman-temanya (termasuk matahari) size3

Besar sekali matahari! namun belum seberapa bila di bandingkan dengan bintang lainya di tata surya size5

Jadi seberapa “besar” bumi kita?, baiklah jika itu terlalu arogant, pertanyaan akan saya ubah menjadi “seberapa besar manusia?” Bila manusia hanyalah setitik di bumi, maka seberapa “kecil” nya di tata surya?

Mahasuci Allah dengan segala ciptaanya [17:37] Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung. _ _[10:5] Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui. [13:2] Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu.

Sumber terkait Majalah E-Zine Forum Bluefame