Mengadakan suatu acara dengan menggunakan tema linux adalah sesuatu yang tidak mudah, linux bagi masyarakat Jember masih menjadi sesuatu yang asing dan mungkin menjadi suatu yang aneh. Inilah tantangan bagi saya dan teman-teman panitia untuk menyelenggarakan Ubuntu Hardy Rilis Party di Jember, awalnya acara ini hanyalah obrolan ringan di bis saat saya dan teman saya, gaguk. Alkisah sekitar sebulan yang lalu saya dan gaguk sedang pulang dari jember saat itu naik bis(sepulang dari acara Deklarasi IMM Cabang Lumajang), dia bercerita tentang kegiatan yang akan dilaksanaknya. tentu saja saya yang sedang lagi semangat di Ubuntu menawarkan acara HRP di jember. Acara HRP ini memang lain dari Rilis Ubuntu kemarin, saat ini penyelenggara bukan langsung dari KPLI jember melainkan komunitas yang di bimbing oleh KPLI jember.

Akhirnya kami sepakat untuk mengadakan acara ini pada tanggal 17 mei 2008 jam 08.00 di gedung PKM Universitas Jember. Dan dalam cara ini di buat format seminar dan demo yaitu pengenalan Ubuntu Hardy Heron dan BlankOn Lontara oleh saya sendiri dan pengenalan Dewalinux oleh Mas Yoyok. Alhamdulillah peserta yang datang mencapai 200 orang atau melebihi quota, dengan catatan itu sudah menolak hampir +20-30 orang, wew!

banner depan

ini adalah gedung yang di gunakan saat HRP

Gedung yang dipakai adalah gedung PKM Universitas Jember, gedung ini merupakan dedikasi Unej untuk mahasiswanya.. ssstttt saya pinjemnya gratis :D

Ketua Panitia

Ketua Panitia sedang memberikan sambutan

Inilah main_player dari acara ini, namanya Supriyanto

Dekan FT

Dekan FT yang membuka acara ini lho!

udienz (maneh)

siapakah dia? dia yang mengenalkan Ubuntu dan BlankOn pada kesempatan kali ini :D

saya di beri satu setengah jam untuk mempresentasikan Ubuntu dan BlankOn. sungguh waktu itu serasa cepet banget! sesi yang disenangi oleh peserta adalah demo Compiz Fusion, kebetulan komputer yang di pakai untuk demo saya adalah komputer saya

mas yoyok1

mas yoyok lagi ngenalin Dewalinux

Hal yang menarik dari acara ini adalah Pesta Rilis 3 distro yaitu Dewalinux, BlankOn, dan Ubuntu. bisa dikata ini adalah satu acara untuk 3 tujuan :D. mas Yoyok dalam memberikan presentasi tampil PD dan mengena, ke PD-anya ini di dukung juga oleh kekuatan daya tarik dari Dewalinux yang cool abis, perlu di ketahui bahwasanya Dewalinux kali ini meriils versi baru yang diberi nama Eiffel, anda ketika memegang Dewalinux eiffel mungkin akan kaget dengan tampilanya yang mirip dengan vista

tampak samping-kiri

yang datang 200 orang (lebih) lho!

Yup benar sekali, 200 orang. menurut keterangan dari panitia mereka sempat menolak puluhan orang yang terlambat mendaftar. peserta kali ini di dominasi oleh mahasiswa, tapi bukan hanya mahasiswa ada juga dari Masyarakat Umum, Dosen dan Pengusaha. Animo yang tinggi juga di perlihatkan peserta ketika sesi tanya jawab, seolah-olah rebutan makanan karena mereka berebut untuk bertanya, wow! sungguh hebat bukan pesertanya!

all panitia

Panitia yang banting tulang menguras tenaganya untuk suksesnya acara ini

TOP banget! itulah cara kerja Panitia di acara ini, saya masih ingat kesolidan dari mereka. semua panitia ini adalah mahasiswa Teknik Elektro Angkatan 2006, sungguh menakjubkan sekali karena dengan usia mereka yang muda sudah sukses besar mengadakan kegiatan ini.

akhir kata saya ucapkan terimakasih buat para sponsor UPT-TI, Pocari Sweat, Java Informatika, Elkom, Bank BRI, Percetakan Megah Jaya, Radio Prosalina, Mas Andi Darmawan (Ketua Ubuntu-id), Mas Anto (mantan ketua KPLI Jember), dan Tim Dewalinux yang mendukung acara ini hingga selesai. the last but NOT the least Syukur Alhamdulillah untuk Allah SAW.

Untuk foto-fotonya bisa di lihat di http://www.flickr.com/photos/udienz/tags/release/