Dunia open source tengah berkembang kali ini, di indonesia sendiri di tandai dengan ramai nya milis-milis, forum, wiki dan kemunculan distro-distro yang di buat sendiri oleh anak bangsa. Belum genap seminggu BlankOn linux telah di rilis ke publik, BlankOn merupakan distro yang di buat oleh anak bangsa indonesia. Menurut catatan sejarah yang ada, distro yang istiqomah dan masih terus mengeluarkan rilis antara lain adalah BlankOn dan Debian depok.

Sesuatu yang dapat di banggakan sekali bagi rakyat indonesia karena indonesia dapat menghasilkan distro yang dapat di banggakan di dunia opensource. Proyek BlankOn sendiri bukan hanya terdiri dari programmer saja ada tim kesenian, tim infrastruktur, tim dokumentasi dan lainya.

ini menandakan bahwasanya di dunia opensource sendiri bukan hanya milik programmer saja bukan? saya banyak menemukan kasus baik itu di milis ataupun dalam chatting saya ada yang mengeluhkan tentang kemampuanya dalam dunia opensource dimana banyak yang beranggapan bahwa linux/opensource adalah milik programmer. ketika saya mengkomandoni tim dokumentasi pada BlankOn Konde banyak yang memahami bahwa untuk masuk tim BlankOn haruslah programmer, saya tau itu salah dan salah besar :D.

menjawab pertanyaan lewat email, memberikan solusi di milis, ikut aktif di forum, menyebarkan cd linux, atau hanya ikut menyemarakkan seminar linux merupakan salah satu wujud bentuk pertisipasi kita terhadap dunia opensource. Cukup hanya seperti itu kan? saya punya teman di BlankOn Linux, namanya Alie Kusnadi dan Farhan perdana. kedua orang ini boleh di kata lebih suka mengotak-atik Inkshape dari pada melakukan coding, dengan itu kedua orang ini malah menjadi pionner di BlankOn linux! sungguh sesuatu yang di luar perkiraan kita bukan?

berangkat dari pemikiran di atas, maka mulai dari sekarang marilah kita memberikan karya kita ke dunia open source. dunia yang tak pedulu engkau apa, engkau dari mana demikian dan tetap semangat! halah….