Menurut lembaga penelitian Gartner, kehadiran Windows Vista ternyata mempunyai pengaruh sangat terbatas terhadap penjualan komputer sejak debutnya pada bulan Januari lalu.

Penjualan komputer baik laptop maupun desktop diperkirakan mencapai 257,1 juta unit tahun ini, naik sebesar 11,1 persen dari penjualan tahun lalu yang mencapai 231,5 juta unit.

Namun demikian, kemunculan Vista ternyata hanya berkontribusi kecil terhadap angka penjualan komputer tersebut. Kontribusi terbesar dari penjualan komputer berasal dari perkembangan pasar baru. Dalam dua tahun ke depan, diharapkan sebanyak 77 juta desktop dan 51 juta laptop terjual di pasar baru ini, yang merupakan seperempat jumlah dari seluruh penjualan komputer pada periode itu.

“Peluncuran Windows Vista pada akhir Januari lalu sejauh ini gagal merangsang pasar seperti yang diharapkan semula. Data yang kami dapat mengindikasikan hal itu,” kata George Shiffler, analis dari Gartnert seperti dikutip detikINET dari ITNews, Jumat (29/6/2007).

Pengaruh kecil Vista terhadap penjualan komputer ini dinilai tidak akan berubah kecuali Microsoft bertindak lebih agresif dalam memasarkan sistem operasi terbarunya ini.

Di sisi lain, penjualan laptop diharapkan mencapai 103,2 juta unit tahun ini atau meningkat sebanyak 27,1 persen daripada tahun lalu. Sementara penjualan desktop atau komputer meja diprediksikan hanya akan meningkat sebanyak 2,4 persen menjadi 153,9 juta unit tahun ini. Penjualan laptop yang terus meningkat itu disebabkan oleh semakin rendahnya harga jual, kemampuan yang semakin tinggi dan akses internet yang semakin baik.(detikinet)

sumber : http://hi-technews.net/news/?c=Hotnews&id=494