Kiat Memilih Distro Linux

Linux merupakan sistem open source, sehingga siapa saja boleh memodif sesuka hati. Saya, anda, adik anda, temen kita, bapak, ibu, dosen kita boleh membuat Linux sesuka hati mereka. Terserah mereka mau membuat Linux model yang seperti apa, mau berorientasi kemana, pake desktop atau tidak? Kalau begitu banyak donk distro Linux di Dunia ini? Yup, entah berapa pasnya saya sendiri tidak tau, dan sampai sekarang pun belum ada angka pasti mengenai banyaknya distro Linux.

Persoalan baru yang muncul adalah bagaimana saya harus memilih distro Linux untuk pertama kalinya??? Apa harus Fedora, Debian, Suse, Mandriva, atau Ubuntu?? Berikut adalah kilasan Distro Linux:

Bagi Pengguna pertama

Untuk segmen ini Linux harus memperkenalkan dirinya secantik mungkin, Desktop yang seksi, deteksi hardware yang bagus, mudah dalam instalasi, banyak fiturnya, dan kemudahan akses tentunya. Untuk itu saya menagnjurkan mencoba beberapa Distro seperti:

  1. Linspire

  2. Mepis/Simply Mepis (cocok buat Laptop)

  3. PCLinux OS (tampilanya kayak Windows lho!!!)

  4. Ubuntu (my favorite Linux)

  5. Xandros

  6. OpenSuse (it’s cool)

Anda bisa memilih sendiri dari distro2 diatas, namun yang mendekati windows (mirip) adalah PC Linux OS. Namun yang perlu di ingat semirip apapun dengan windows, Linux tetaplah Linux. Saran saya bila anda tak ingin kecanduan Linux, JANGAN PERNAH MENCOBA LINUX!!! Karena linux sangat aduhai di pandangan pertama.

Bagi yang Pengen mencoba Lebih dalam

Hmm.. bila anda di tahap ini berarti anda sudah mulai kecanduan Linux. Segmen ini hampir sama dengan pemula, hanya bedanya kelas ini lebih bergengsi, karena pengguna sudah memaki hampir setiap hari sebagai kebutuhannya. Distro yang ada di sini hanruslah memiliki kemampuan yang mumpuni baik itu sebagai Desktop maupun mini server atau sebagai Server beneran. Untuk itu distro yang saya sarankan adalah:

  1. Fedora Core

  2. Mandriva (dulu namanya Mandrake)

  3. Suse

  4. Debian GNU/Linux (Absolutly proudly to this distro)

  5. Gentoo

  6. Slaxware

  7. Redhat Linux

Jika Linux adalah tujuan, dan Linux adalah sumber kehidupan

     Linux  adalah separuh nafas!!! Pengguna ini menggunakanya untuk keperluan hidupnya dan  hanya untuk kepentingan khusus dan untuk aplikasi pengkhususan keahlianya. Maka  distro yang tepat adalah:

Untuk Router/Gateway/Router

  1. Astro Security Gateway

  2. Clark Connect Broadband Gateway

  3. Devil-Linux

  4. IPCop Firewall

  5. SmoothWall

  6. CiscoRouter

  7. nUbuntu

Multimedia

  1. Agnula

  2. Dynebolic

  3. Geebox

  4. Movix

Pendidikan

  1. Edubuntu

  2. Collage Linux

  3. Kuliax (code Bakpia)

  4. K12LTSP

  5. Debian Edu

Itu tadi linux berdasarkan segmen penggunanya, saya sendiri menggunakan Ubuntu untuk desktop dan Debian GNU untuk bekerja. Menurut saya ketika memilih distro linux, sesuaikan dengan kebutuhan, dukungan perusahaan, dukungan komunitas. Namun jangan menyerah berLinux.

Mahyuddin Susanto

Asisten UPT-TI Universitas Jember

Ketua LPM IMM Kota Universitas Jember